PERENCANAAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MAN Kunir
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI/ I (Satu)
Alokasi waktu : 2 x
(45 menit)
Topic
: Report Text
Ketrampilan : Speaking
Standar Kompetensi :
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks transactional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari hari
Kompetensi Dasar:
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari hari dan melibatkan
tindak tutur menuduh, menyalahkan, mengakui kesalahan, minta maaf, menyesal dan
berjanji.
Indikator:
Menentukan
kata yang benar berdasarkan penuturan lisan.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon ungkapan
Narrative .
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu
mengidentifikasi ungkapan Narrative.
Ø
Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan
Narrative .
Materi Pembelajaran
Language focus the expression :
·
asking for permission
·
giving permission
·
declining permission
·
asking for suggestion
·
giving suggestion
·
declining suggestion
Model/Metode
Pembelajaran
a)
Pendekatan : Individual
b)
Model : model pembelajran make a match
c)
Strategi : Siswa aktif
No
|
Langkah
–langkah pembelajaran
|
Nilai
karakter
|
I
|
Kegiatan
awal (25 Menit)
1.
Mengawali
pembelajaran dengan berdo’a bersama
2.
Absensi kelas
3.
Memberikan
motivasi
4.
Menyampaikan
SK dan KD yang akan di bahas
5.
Apersepsi
materi: guru memberikan penjelasan sekilas dan tanya jawab tentang materi
yang akan di bahas.
|
Religiusitas
Kedisiplinan
Tanggung
jawab
Rasa
ingin tahu
|
II
|
Kegiatan
inti (70 Menit)
EKSPLORASI
À
Pembelajara
dilakukan di kelas
À
Siswa mempelajari pengertian
Narraive text Siswa memahami Narraive text yang disediakan.
À
Siswa menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan Narrative text.
ELABORASI
1.
Siswa diminta untuk
mengikuti permainan yang di perintahkan oleh guru.
2.
Siswa
diberikan suatu kertas yang sudah di beri suatu kata kata
3.
Peserta
didik diminta untuk mencocokan kalimat yang mereka bawa di white board
KONFIRMASI
À
Guru
menanggapi hasil kerja siswa
À
Guru memberikan
informasi yang sebenarnya atas jawaban dari pertanyaan pertanyaan yang
diberikan
À
Guru
memberikan alternative jawaban
|
Komunikatif
Rasa
ingin tahu
Rasa
ingin tahu
Rasa
ingin tah
Cermat
|
III
|
Kegiatan Akhir (10
Menit)
1.
Menyimpulkan isi
materi bersama siswa.
2.
Menutup pembelajaran
di sertai memberikan motivasi kepada siswa dan saran untuk lebih giat
belajar.
|
Kejujuran,
keterbukaan
Kemandirian
Religiusitas
|
Sumber dan media
belajar:
a.
Lembar Kerja Siswa
(LKS) Bahasa Inggris untuk SMA/MA kelas XI semester 1 “access”
b.
Kamus bahasa
inggris (buku dan elektronik)
Penilaian
1.
Penilaian proses
Melalui pengamatan oleh guru terhadap masing-masing siswa pada setiap proses
pembelajaran.
No.
|
Nama
Siswa
|
Keaktifan
Masuk Belajar
|
Keaktifan
dalam Kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
A= Baik sekali
B= Baik
C= Cukup
D= Kurang
No.
|
Kategori
|
Kode
|
Keterangan
|
1
|
Baik sekali
|
A
|
Siswa aktif untuk
mencari tahu materi yang disampaikan. Siswa aktif dan responsif terhadap
materi. Serta siswa semangat untuk mengikuti alur penyampaian materi.
|
2
|
Baik
|
B
|
Siswa aktif terhadap
materi dan siswa semangat mengikuti materi.
|
3
|
Cukup
|
C
|
Siswa cukup aktif dan
semangat mengikuti materi.
|
4
|
Kurang
|
D
|
Siswa kurang aktif
dan responsif terhadap materi serta terhadap guru.
|
Mengetahui,
Guru Pamong
Imam Syamsudin,Spd
NIP. 196808262007101001
|
Guru PPL
M.ainul Yaqin
NIM. 3213113098
|
LAMPIRAN 2: Instrumen penilaian
1.
scoring rubric
Aspect
|
weight
|
Criteria
|
|||
Fluency
|
2
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Speaking with many
pause
|
Speaking with too
slowly
|
Speaking as normal
speed
|
Speaking fluently
|
||
Pronounciation
|
2
|
Speaking words in comprehensible
|
Speaking with
incorrect pronounciation, but still understandable
|
Speaking with several
incorrect pronounciation
|
Speaking with correct
pronounciation
|
Accuracy
|
2
|
The serious errors
presentation in spech
|
The error present in
speech would frequently create confusion
|
The speech still
understood althought it consist of many errors
|
The error present in
speech are so minor so that the massage would be easily comprehended
|
Clarity
|
2
|
Often mumbles or can
not beunderstood, more than one mispronounced word
|
Speaks clearly and
distinctly most ofthe time, no more than
one mis pronounced word
|
Speaks clearly and
distincly nearly all the time , no more than one mispronounced word
|
Speak clearly and
distinctly all the time, no mispronounced word
|
Performance skill
|
2
|
Speakking in volume
which is almost inaudible, no facial expression, and not communicative
|
Mumbling, flat facial
expression and less communicative
|
Speaking in soft voice but can be understood, good facial expression, and
communicative enought
|
Speaking clearly and
loudly, good facial expression and communicative
|
Maximum Score : 100
Minimum Score : 25
Student score = Total Score X 100
40
Note :
85 – 100 =very good
70- 84 = good
55- 69 =okay
54-25 =poor
2.
Standart assesmet
A.
Student who get more scorebetwen 85 up to 100 can be categorized in
excelent criteria. It mean that they have done the activity in the highest
level competence
B.
Student who get score betwen 65 up to 84 can be categorized in good
criteria.the students in this category have done the activity well.
C.
Students who get score betwen 45 up to 64 can be categorized in
satisfactory criteria. They have acted descriptive picture in enought
competence
D.
Student who get the score 25 up to 44 can be categorized in poor criteria.
Student in this category need some suggestions to be able improve their ability
better before.
The Best Online Casinos in the UK: 20+ Casino Sites for Fun
ReplyDeleteBest online casinos for fun ✓ We have listed some luckyclub of the best casinos for slot machines, The best online casino sites for slots.