PERENCANAAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah            : MAN Kunir
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas / Semester         : XI/ I (Satu)
Alokasi waktu                        : 2 x
(45 menit)
Topic
                          : Report Text
Ketrampilan               : Speaking
Standar Kompetensi  :
Berbicara 
Mengungkapkan makna dalam teks transactional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari hari
Kompetensi Dasar:    
          Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari hari dan melibatkan
tindak tutur menuduh, menyalahkan, mengakui kesalahan, minta maaf, menyesal dan
berjanji.
Indikator:
Menentukan
kata yang benar berdasarkan penuturan lisan.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon ungkapan
Narrative .
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu
mengidentifikasi ungkapan Narrative.
Ø
Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan
Narrative .
Materi Pembelajaran
Language focus the expression : 
·        
asking for permission
·        
giving permission 
·        
declining permission 
·        
asking for suggestion
·        
giving suggestion
·        
declining suggestion
Model/Metode
Pembelajaran
a)     
Pendekatan     : Individual
b)     
Model              : model pembelajran make a match
c)     
Strategi            : Siswa aktif
| 
No
   | 
Langkah
  –langkah pembelajaran | 
Nilai
  karakter | 
| 
I | 
Kegiatan
  awal (25 Menit)  
1.     
  Mengawali
  pembelajaran dengan berdo’a bersama 
2.     
  Absensi kelas 
3.     
  Memberikan
  motivasi 
4.     
  Menyampaikan
  SK dan KD yang akan di bahas 
5.     
  Apersepsi
  materi: guru memberikan penjelasan sekilas dan tanya jawab tentang materi
  yang akan di bahas. | 
Religiusitas 
Kedisiplinan 
Tanggung
  jawab 
Rasa
  ingin tahu | 
| 
II | 
Kegiatan
  inti (70 Menit) 
EKSPLORASI 
À     
  Pembelajara
  dilakukan di kelas 
À     
  Siswa mempelajari pengertian
  Narraive text Siswa memahami Narraive text yang disediakan. 
À     
  Siswa menjawab
  pertanyaan yang berhubungan dengan Narrative text. 
ELABORASI 
1.    
  Siswa diminta untuk
  mengikuti permainan yang di perintahkan oleh guru. 
2.    
  Siswa
  diberikan suatu kertas yang sudah di beri suatu kata kata 
3.    
  Peserta
  didik diminta untuk mencocokan kalimat yang mereka bawa di white board  
KONFIRMASI 
À     
  Guru
  menanggapi hasil kerja siswa  
À     
  Guru memberikan
  informasi yang sebenarnya atas jawaban dari pertanyaan pertanyaan yang
  diberikan 
À     
  Guru
  memberikan alternative jawaban | 
Komunikatif 
Rasa
  ingin tahu 
Rasa
  ingin tahu 
Rasa
  ingin tah 
Cermat | 
| 
III | 
Kegiatan Akhir (10
  Menit) 
1.   
  Menyimpulkan isi
  materi bersama siswa. 
2.    
  Menutup pembelajaran
  di sertai memberikan motivasi kepada siswa dan saran untuk lebih giat
  belajar. | 
Kejujuran,
  keterbukaan   
Kemandirian 
Religiusitas | 
Sumber dan media
belajar:
a.      
Lembar Kerja Siswa
(LKS) Bahasa Inggris untuk SMA/MA kelas XI semester 1 “access”
b.     
Kamus bahasa
inggris (buku dan elektronik)
Penilaian
1.     
Penilaian proses
Melalui pengamatan oleh guru terhadap masing-masing siswa pada setiap proses
pembelajaran.
| 
No. | 
Nama
  Siswa | 
Keaktifan
  Masuk Belajar | 
Keaktifan
  dalam Kelas | 
|  |  |  |  | 
|  |  |  |  | 
|  |  |  |  | 
Keterangan:
A= Baik sekali
B= Baik 
C= Cukup
D= Kurang
| 
No. | 
Kategori | 
Kode | 
Keterangan | 
| 
1 | 
Baik sekali | 
A | 
Siswa aktif untuk
  mencari tahu materi yang disampaikan. Siswa aktif dan responsif terhadap
  materi. Serta siswa semangat untuk mengikuti alur penyampaian materi. | 
| 
2 | 
Baik | 
B | 
Siswa aktif terhadap
  materi dan siswa semangat mengikuti materi. | 
| 
3 | 
Cukup | 
C | 
Siswa cukup aktif dan
  semangat mengikuti materi. | 
| 
4 | 
Kurang | 
D | 
Siswa kurang aktif
  dan responsif terhadap materi serta terhadap guru. | 
| 
                 Mengetahui, 
                Guru Pamong 
Imam Syamsudin,Spd 
       NIP. 196808262007101001 | 
                             Guru PPL 
 M.ainul Yaqin 
 NIM. 3213113098 | 
LAMPIRAN 2: Instrumen penilaian
1.     
scoring rubric
| 
Aspect | 
weight | 
                             Criteria | |||
| 
Fluency | 
2 | 
         1 | 
   2 | 
3 | 
4 | 
| 
Speaking with many
  pause  | 
Speaking with too
  slowly | 
Speaking as normal
  speed | 
Speaking fluently | ||
| 
Pronounciation | 
2 | 
Speaking words in comprehensible | 
Speaking with
  incorrect pronounciation, but still understandable | 
Speaking with several
  incorrect pronounciation | 
Speaking with correct
  pronounciation | 
| 
Accuracy | 
2 | 
The serious errors
  presentation in spech | 
The error present in
  speech would frequently create confusion | 
The speech still
  understood althought it consist of many errors | 
The error present in
  speech are so minor so that the massage would be easily comprehended | 
| 
Clarity | 
2 | 
Often mumbles or can
  not beunderstood, more than one mispronounced word  | 
Speaks clearly and
  distinctly most ofthe time, no more than 
  one mis pronounced word  | 
Speaks clearly and
  distincly nearly all the time , no more than one mispronounced word  | 
Speak clearly and
  distinctly all the time, no mispronounced word | 
| 
Performance skill | 
2 | 
Speakking in volume
  which is almost inaudible, no facial expression, and not communicative | 
Mumbling, flat facial
  expression and less communicative | 
Speaking in soft voice but can be understood, good facial expression, and
  communicative enought  | 
Speaking clearly and
  loudly, good facial expression and communicative | 
Maximum Score  : 100
Minimum Score :  25
 
 
Student score =             Total Score  X 100
                                          40 
Note :
85 – 100 =very good 
70- 84     = good 
55- 69     =okay
54-25      =poor
2.     
Standart assesmet
A.     
Student who get more scorebetwen 85 up to 100 can be categorized in
excelent criteria. It mean that they have done the activity in the highest
level competence 
B.     
Student who get score betwen 65 up to 84 can be categorized in good
criteria.the students in this category have done the activity well.
C.      
Students who get score betwen 45 up to 64 can be categorized in
satisfactory criteria. They have acted descriptive picture in enought
competence
D.     
Student who get the score 25 up to 44 can be categorized in poor criteria.
Student in this category need some suggestions to be able improve their ability
better before.
 
The Best Online Casinos in the UK: 20+ Casino Sites for Fun
ReplyDeleteBest online casinos for fun ✓ We have listed some luckyclub of the best casinos for slot machines, The best online casino sites for slots.