PERENCANAAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)
Nama Sekolah            : MAN Kunir
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas / Semester         : XI/ I (Satu)
Alokasi waktu             : 2 x
(45 menit)
Topic
                           : Report Text
Ketrampilan               : Speaking
Standar Kompetensi  :
Berbicara 
Mengungkapkan makna dalam teks transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari hari.
Kompetensi Dasar:    
          Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari hari dan
melibatkan tindak tutur.
Indikator:
Menentukan
kata yang benar berdasarkan penuturan lisan.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon dialog
tentang report.
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu
mengidentifikasi ungkapan report.
Ø
Pada akhir pelajaran siswa dapat mengungkapkan sebuah
dialog tentang report di depan kelas.
Materi Pembelajaran
·        
Mengungkapkan sebuah dialog tentang report text di depan kelas.
| 
No
   | 
Langkah
  –langkah pembelajaran | 
Nilai
  karakter | 
| 
I | 
Kegiatan
  awal (25 Menit)  
1.     
  Mengawali
  pembelajaran dengan berdo’a bersama 
2.     
  Absensi kelas 
3.     
  Memberikan motivasi 
4.     
  Menyampaikan SK dan
  KD yang akan di bahas 
5.     
  Apersepsi materi:
  guru memberikan penjelasan sekilas dan tanya jawab tentang materi yang akan
  di bahas. | 
Religiusitas 
Kedisiplinan 
Tanggung
  jawab 
Rasa
  ingin tahu | 
| 
II | 
Kegiatan
  inti (70 Menit) 
EKSPLORASI 
À     
  Pembelajara dilakukan
  di kelas 
À     
  Siswa mempelajari
  pengertian Report text dan expression for opinion. 
À     
  Siswa memahami Report
  text yang disediakan. 
À     
  Siswa membuat dilog
  tentang report text 
ELABORASI 
1.    
  Siswa diminta untuk maju
  kedepan kelas sesuai dengan pasangannya 
2.    
  Siswa langsung
  berdialog dengan temanya di depan kelas 
KONFIRMASI 
À     
  Guru menanggapi hasil
  kerja siswa  
À     
  Guru memberikan informasi
  berupa arahan apabila ada pronounciation yang kurang benar | 
Komunikatif 
Rasa
  ingin tahu 
Rasa
  ingin tahu 
Rasa
  ingin tah 
Cermat | 
| 
III | 
Kegiatan Akhir (10
  Menit). 
1.    
  Guru Menutup
  pembelajaran di sertai memberikan motivasi kepada siswa dan saran untuk lebih
  giat belajar. | 
Kejujuran,
  keterbukaan   
Kemandirian 
Religiusitas | 
Media
belajar:
a.      
Lembar Kerja Siswa
(LKS) Bahasa Inggris untuk SMA/MA kelas XI semester 1 “access”
b.     
Kamus bahasa
inggris (buku dan elektronik)
Penilaian
1.     
Penilaian proses
Melalui pengamatan oleh guru terhadap masing-masing siswa pada setiap proses
pembelajaran.
| 
No. | 
Nama
  Siswa | 
Keaktifan
  Masuk Belajar | 
Keaktifan
  dalam Kelas | 
|  |  |  |  | 
|  |  |  |  | 
|  |  |  |  | 
Keterangan:
A= Baik sekali
B= Baik 
C= Cukup
D= Kurang
| 
No. | 
Kategori | 
Kode | 
Keterangan | 
| 
1 | 
Baik sekali | 
A | 
Siswa aktif untuk
  mencari tahu materi yang disampaikan. Siswa aktif dan responsif terhadap
  materi. Serta siswa semangat untuk mengikuti alur penyampaian materi. | 
| 
2 | 
Baik | 
B | 
Siswa aktif terhadap
  materi dan siswa semangat mengikuti materi. | 
| 
3 | 
Cukup | 
C | 
Siswa cukup aktif dan
  semangat mengikuti materi. | 
| 
4 | 
Kurang | 
D | 
Siswa kurang aktif
  dan responsif terhadap materi serta terhadap guru. | 
Blitar, 15 Agustus  2014 
| 
                 Mengetahui, 
                Guru Pamong 
Imam Syamsudin,Spd 
       NIP. 196808262007101001 | 
                             Guru PPL 
 M.ainul Yaqin 
 NIM. 3213113098 | 
LAMPIRAN 2: Instrumen penilaian
1.     
scoring rubric
| 
Aspect | 
weight | 
                             Criteria | |||
| 
Fluency | 
2 | 
         1 | 
   2 | 
3 | 
4 | 
| 
Speaking with many pause  | 
Speaking with too slowly | 
Speaking as normal speed | 
Speaking fluently | ||
| 
Pronounciation | 
2 | 
Speaking words in
  comprehensible | 
Speaking with incorrect
  pronounciation, but still understandable | 
Speaking with several incorrect
  pronounciation | 
Speaking with correct
  pronounciation | 
| 
Accuracy | 
2 | 
The serious errors presentation
  in spech | 
The error present in speech
  would frequently create confusion | 
The speech still understood
  althought it consist of many errors | 
The error present in speech are
  so minor so that the massage would be easily comprehended | 
| 
Clarity | 
2 | 
Often mumbles or can not
  beunderstood, more than one mispronounced word  | 
Speaks clearly and distinctly
  most ofthe time, no more than  one mis
  pronounced word  | 
Speaks clearly and distincly
  nearly all the time , no more than one mispronounced word  | 
Speak clearly and distinctly
  all the time, no mispronounced word | 
| 
Performance
  skill | 
2 | 
Speakking in volume which is
  almost inaudible, no facial expression, and not communicative | 
Mumbling, flat facial
  expression and less communicative | 
Speaking
  in soft voice but can be understood, good facial expression, and
  communicative enought  | 
Speaking clearly and loudly,
  good facial expression and communicative | 
Maximum Score  : 100
Minimum Score :  25
 Student score =             Total Score  X 100
Student score =             Total Score  X 100
                                          40 
Note :
85 – 100 =very good 
70- 84     = good 
55- 69     =okay
54-25      =poor
2.     
Standart assesmet
A.     
Student who get more scorebetwen 85 up to 100 can be categorized in
excelent criteria. It mean that they have done the activity in the highest
level competence 
B.     
Student who get score betwen 65 up to 84 can be categorized in good
criteria.the students in this category have done the activity well.
C.      
Students who get score betwen 45 up to 64 can be categorized in
satisfactory criteria. They have acted descriptive picture in enought
competence
D.     
Student who get the score 25 up to 44 can be categorized in poor criteria.
Student in this category need some suggestions to be able improve their ability
better before.
 
No comments:
Post a Comment