RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTsN Aryojeding
Mata
pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/
1
Topic
: Greeting and Leave
Taking
Ketrampilan : Listening
A. Standard
Competence :
Ø Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
B. Basic
Competence :
Ø Merespon makna dalam percakapan transaksional yang menggunakan
ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancardengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal,
memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
C.
Indicator :
Ø Siswa mampu merespon leave taking expression dari orang lain
Ø Siswa dapat mempraktekkan leave taking expression kepada orang lain
D. Time
Allocation : 2 x 40 minutes (1
meeting)
E. Learning
Goals :
Ø Pada akhir
pelajaran siswa dapat merespon leave taking
expression
Ø Pada akhir
pelajaran siswa mampu mengidentifikasi leave taking expression
Ø Pada akhir
pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa leave taking expression
Karakter
siswa yang diharapkan : Percaya diri ( confident)
Rasa hormat dan perhatian(respect)
Tekun ( diligence )
Komunikatif (communicative)
Tekun ( diligence )
Komunikatif (communicative)
F. Materials :
Ø Greeting
G. Model / learning method
a)
Model : PAIKEM
b)
Method : CTL
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan
ke 2:
Kegiatan awal:
|
Guru
|
Siswa
|
Metode
|
Alokasi waktu
|
Memberikan
salam dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai
|
Siswa
menjawab salam dan berdo’a semua
|
Siswa aktif
|
5 menit
|
Memulai pelajaran
serta mengecek kehadiran siswa
|
Siswa menjawab panggilan guru
|
Siswa aktif
|
2 menit
|
Guru menunjukkan point – point
dan memberikan pertanyaan berkaitan
tentang materi yang akan diajarkan dan meminta siswa untuk menjawab
pertanyaan berkenaan dengan isi materi.
|
Siswa
menyimak
|
Tanya jawab
|
2 menit
|
Guru menyampaikan kegiatan yang
akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran
|
Siswa mendengarkan dan menyimak
|
Ceramah
|
2 menit
|
Kegiatan inti :
|
Guru memberikan penjelasan
tentang leave taking expression
|
Siswa memperhatikan
|
Ceramah
|
15 menit
|
Guru memberikan contoh tentang leave
taking expression dengan menggunakan media yang melibatkan siswa dans iswa mendengarkan
dengan seksama
|
Guru dan
salah satu siswa praktik
|
Guru dan siswa aktif
|
10 menit
|
Gurumembagisiswamenjadibeberapakelompokuntukmempraktikanleave
taking expression
|
Siswa mempraktikan
materi secara bersamasama
|
Siswa aktif
|
22menit
|
Guru meminta siswa untuk mengerjakan
soal-soal yang ada dilembar kerja siswa.
|
Siswa mengerjakan lembaran kerja
|
Siswa aktif
|
15 menit
|
Kegiatan akhir :
|
Guru menanyakan kesan siswa
untuk memberikan feed-back berupa
kesulitan apa yang dihadapi,dan kesan terhadap
pelajaran yang telah diterangkan
|
Siswa menjawab pertanyaan
|
Ceramah
|
2 menit
|
Guru mengulang kembali secara singkat pelajaran yang
diajarkan.
|
Siswa dan
Guru merangkum
|
Siswa aktif
|
4 menit
|
Salam dan doa
|
Siswa menjawab salam
|
Siswa aktif
|
1 menit
|
I. SumberBelajar
a. Modul Bangkit Bahasa Inggris kelas 7
b. Scaffolding for Junior High
School Students Grade VII
J. Media
a. Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus
d. Sterofoam
e. gambar yang relevan
b. Boardmarker
c. Penghapus
d. Sterofoam
e. gambar yang relevan
K. Penilaian
a. Teknik : Testertulis
b. Bentuk
: Uraian, pengamatan sikapdan keaktifan
siswa di kelas
c
Instrumen :
Terlampir
d. Bentuksoal : Essay
e. KKM : 75
Question
1.
Indra : I will talk you later. I must go now, ……….
Lisa : See you
2.
Zaky : Hi, I am Zaky.
Beni : Hi, I am Bening. How are you?
Zaky : …………..
3.
Citra : I will go to Bali tomorrow
Sigit : It sounds great. …………….
4.
Teacher : The bell is ringing, let’s go
home. Nice to meet you
Students : ………………. Sir.
5.
Susanto : I have to go home right now
Anto : It doesn’t matter. ……..
Answer
1. See you
2. Fine, thank you
3. Have a nice trip
4. Nice to meet you
5. Bye
Instrument Penilaian
1. Penilaian Essay
Betul x 5 = 100
2.
Standard
of Assessment:
Score
|
Students’
Performance
|
100-90
|
Exellent
|
89-70
|
Very
Good
|
69-51
|
Good
|
50-0
|
Bad
|
Guru
Pamong Guru PPL
Imam Saiful Khoiri,
S. Pd. Muh. Zien Khafid
NIP.197204122007011039 NIM.3213103108
NIP.197204122007011039 NIM.3213103108
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Drs. Muhamad Dopir,
M. Pd. I
NIP.196708011996031001
NIP.196708011996031001
LEAVE TAKING
The expressions below are used as an informal way of greeting people.
You can use these expressions with your friends.
-
Hello - Hi
Here is a formal way of
greeting people who are older than you such as your teacher, your friend’s
parents, etc.
Good morning
|
Good afternoon
|
Good evening
|
The word ‘’ma’am’’ and ‘’sir’’ are often used when you are talking to an older person. Names can
also be used
Good
morning
|
Sir
Mr.
Susanto
|
Good
afternoon
|
Ma’am
Ms.
Isti
|
·
Leave
taking/saying goodbye
Nice
to meet you. Goodbye
Good
to meet you. Good night.
Pleased
to meet you. Bye.
See
you!
·
When
someone is arriving
Welcome!
Welcome
back!
Come
in!
It’s
good to meet you
·
When
someone is leaving
It’s
been nice talking with you
Have
a good/nice day!
Have a nice weekend
No comments:
Post a Comment