Wednesday 22 April 2015

RPP Bahasa Inggris Greeting (listening)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MTsN Aryojeding
Mata pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : VII/ 1
Topic                          : Greeting and Leave Taking
Ketrampilan              : Listening
A.      Standard Competence   :
Ø Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
B.       Basic Competence          :
Ø Merespon makna dalam percakapan transaksional yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancardengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
C.      Indicator                         :
Ø Siswa mampu merespon leave taking expression dari orang lain
Ø Siswa dapat mempraktekkan leave taking expression kepada orang lain
D.      Time Allocation              :  2 x 40 minutes (1 meeting)
E.       Learning Goals               :
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon leave taking expression
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu mengidentifikasi leave taking expression
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa leave taking expression

Karakter siswa yang diharapkan :       Percaya diri ( confident)
Rasa hormat dan perhatian(respect)
Tekun ( diligence )
Komunikatif (communicative)
F.    Materials             :
Ø Greeting
G.   Model / learning method          
a)      Model              : PAIKEM
b)      Method           : CTL
H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan ke 2:
Kegiatan awal:
Guru
Siswa
Metode
Alokasi waktu
Memberikan salam dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai
Siswa menjawab salam dan berdo’a semua
Siswa aktif
5 menit
Memulai pelajaran  serta mengecek kehadiran siswa

Siswa menjawab panggilan guru

Siswa aktif
2 menit
Guru menunjukkan point – point dan memberikan  pertanyaan berkaitan tentang materi yang akan diajarkan dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan isi materi.
Siswa menyimak
Tanya jawab
2 menit
Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran

Siswa mendengarkan dan menyimak
Ceramah
2 menit
Kegiatan inti :
Guru memberikan penjelasan tentang leave taking expression
Siswa memperhatikan
Ceramah
15 menit
Guru memberikan contoh tentang leave taking expression dengan menggunakan media  yang melibatkan siswa dans iswa mendengarkan dengan seksama
Guru dan salah satu siswa praktik
Guru dan siswa aktif
10 menit
Gurumembagisiswamenjadibeberapakelompokuntukmempraktikanleave taking expression
Siswa mempraktikan materi secara bersamasama
Siswa aktif
22menit
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dilembar kerja siswa.
Siswa mengerjakan lembaran kerja
Siswa aktif
15 menit
Kegiatan akhir :
Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back  berupa kesulitan apa yang dihadapi,dan kesan terhadap pelajaran yang telah diterangkan
Siswa menjawab pertanyaan
Ceramah
2 menit
Guru mengulang kembali secara singkat pelajaran yang diajarkan.
Siswa dan Guru merangkum
Siswa aktif
4 menit
Salam dan doa              
Siswa menjawab salam
Siswa aktif
1 menit

I.      SumberBelajar
a. Modul Bangkit Bahasa Inggris kelas 7
b. Scaffolding for Junior High School Students Grade VII


J.      Media 
a. Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus

d. Sterofoam
e. gambar yang relevan
K. Penilaian
a.         Teknik              :         Testertulis
b.         Bentuk            :         Uraian, pengamatan sikapdan keaktifan siswa di kelas
c          Instrumen        :         Terlampir
d.         Bentuksoal      :           Essay
e.         KKM               :          75
Question
1.      Indra   : I will talk you later. I must go now, ……….
Lisa     : See you
2.      Zaky    : Hi, I am Zaky.
Beni     : Hi, I am Bening. How are you?
Zaky    : …………..
3.      Citra    : I will go to Bali tomorrow
Sigit     : It sounds great. …………….
4.      Teacher            : The bell is ringing, let’s go home. Nice to meet you
Students          : ………………. Sir.
5.      Susanto           : I have to go home right now
Anto                : It doesn’t matter. ……..



Answer
1.      See you
2.      Fine, thank you
3.      Have a nice trip
4.      Nice to meet you
5.      Bye
Instrument Penilaian
1.      Penilaian  Essay
Betul x 5 = 100
2.      Standard of Assessment:

Score
Students’ Performance
100-90
Exellent
89-70
Very Good
69-51
Good
50-0
Bad

Tulungagung, 11 September 2013
Guru Pamong                                                                          Guru PPL

Imam Saiful Khoiri, S. Pd.                                                   Muh. Zien Khafid
NIP.197204122007011039                                                    NIM.3213103108

Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding


Drs. Muhamad Dopir, M. Pd. I
NIP.196708011996031001
LEAVE TAKING
The expressions below are used as an informal way of greeting people. You can use these expressions with your friends.
-          Hello                                                    -   Hi
       Here is a formal way of greeting people who are older than you such as your teacher, your friend’s parents, etc.
Good morning
Good afternoon
Good evening
The word ‘’ma’am’’ and ‘’sir’’ are often used when you are talking to an older person. Names can also be used
Good morning
Sir
Mr. Susanto
Good afternoon
Ma’am
Ms. Isti
·         Leave taking/saying goodbye
Nice to meet you. Goodbye
Good to meet you. Good night.
Pleased to meet you. Bye.
See you!
·         When someone is arriving
Welcome!
Welcome back!
Come in!
It’s good to meet you
·         When someone is leaving
It’s been nice talking with you
Have a good/nice day!
Have a nice weekend

No comments:

Post a Comment