Wednesday 22 April 2015

RPP bahasa inggris tingkat SMP tentang Greeting



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MTsN Aryojeding
Mata pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : VII/ 1
Topic                          : Greeting
Ketrampilan              : Speaking
A.      Standard Competence   :
Ø Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
B.       Basic Competence          :
Ø Memahami makna  dalam  percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana  berupa simple present tense dengan menggunakan ragam bahasa secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
C.      Indicator                         :
Ø Siswa mampu merespon ungkapan greeting dari orang lain
Ø Siswa dapat mempraktekkan ungkapan greeting kepada orang lain
D.      Time Allocation              :  2 x 40 minutes (1 meeting)
E.       Learning Goals               :
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon ungkapan dalam greeting
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu mengidentifikasi ungkapan greeting
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa greeting

Karakter siswa yang diharapkan :       Percaya diri ( confident)
Rasa hormat dan perhatian( respect)
Tekun ( diligence )
Komunikatif (communicative)

F.    Materials             :
Ø Greeting
G.   Model / Learning Method        
a)      Model              : PAIKEM
b)      Method           : CTL
H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan ke 1:
Kegiatan awal:
Guru
Siswa
Metode
Alokasi waktu
Memberikan salam dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai
Siswa menjawab salam dan berdo’a semua
Siswa aktif
5 menit
Memulai pelajaran  serta mengecek kehadiran siswa

Siswa menjawab panggilan guru

Siswa aktif
2 menit
Guru menunjukkan point – point dan memberikan  pertanyaan berkaitan tentang materi yang akan diajarkan dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan isi materi.
Siswa menyimak
Tanya jawab
2 menit
Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran

Siswa mendengarkan dan menyimak
Ceramah
2 menit
Kegiatan inti :
Guru memberikan penjelasan tentang greeting
Siswa memperhatikan
Ceramah
15 menit
Guru memberikan contoh tentang greeting dengan menggunakan media  yang melibatkan siswa dan siswa mendengarkan dengan seksama
Guru dan salah satu siswa praktik
Guru dan siswa aktif
10 menit
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikan greeting Seperti aktivitas di sekolah,dll.
Siswa mempraktikan materi secara bersama sama
Siswa aktif
22 menit
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dilembar kerja siswa.
Siswa mengerjakan lembaran kerja
Siswa aktif
15 menit
Kegiatan akhir :
Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back  berupa kesulitan apa yang dihadapi,dan kesan terhadap pelajaran yang telah diterangkan
Siswa menjawab pertanyaan
Ceramah
2 menit
Guru mengulang kembali secara singkat pelajaran yang diajarkan.
Siswa dan Guru merangkum
Siswa aktif
4 menit
Salam dan doa              
Siswa menjawab salam
Siswa aktif
1 menit

I.      Sumber Belajar
a. Modul Bangkit Bahasa Inggris kelas 7
b. Scaffolding for Junior High School Students Grade VII

J.      Media 
a. Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus

d. Sterofoam
e. gambar yang relevan
K.   Penilaian
a.         Teknik              :         Tes tertulis
b.         Bentuk            :         Uraian, pengamatan sikap dan keaktifan siswa di kelas
c          Instrumen        :         Terlampir
d.         Bentuk soal     :           Essay
e.         KKM               :          75
Question
1.      Ari       : Good morning, Mita?
Mita     : ………………, Ari.
2.      Rudi    : How are you, Wilda?
Wilda  : …………… thank you
3.      Sari                  : I am going to bed, mom!
Mother            : Ok. ………. My sweety.
4.      Katrin  : Hello, I am Katrin
Alin     : Hi, my …….. is Alin
5.      Ina       : I want to go home, Ani!
Ani      : Ok. ……………



Instrument Penilaian
1.      Penilaian  Essay
Betul x 5 = 100
2.      Standard of Assessment:

Score
Students’ Performance
100-90
Exellent
89-70
Very Good
69-51
Good
50-0
Bad

Tulungagung, 5 September 2013
Guru Pamong                                                                          Guru PPL

Imam Saiful Khoiri, S. Pd.                                                   Muh. Zien Khafid
NIP.197204122007011039                                                    NIM.3213103108


Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding



Drs. Muhamad Dopir, M. Pd. I
NIP.196708011996031001



GREETING
A.      Vocabulary in greeting

Greetings
Responses
Hi
Hello
Good morning
Good afternoon
Good evening
Good night
How are you?
Hi
Hello
Good morning
Good afternoon
Good evening
Good night
Fine, thanks


Mr. Ahmad     : Good morning students
Students          : Good morning Mr. Ahmad
Mr. Ahmad     : How are you this morning?
Students          : We are fine, thank you.
Expression:
ü  Say “good morning” if you meet someone between 00.00 - 12.00
ü  Say “ good afternoon” if you meet someone between 12.00 - 18.00
ü  Say “ good evening” if you meet someone between 18.00 - 24.00
ü  Say “good night” if you leave someone in the evening or before going.
Key Answer
1.      Good morning
2.      I am fine
3.      Good night
4.      Name
5.      Goodbye

No comments:

Post a Comment