RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTsN Aryojeding
Mata
pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/
1
Topic
: Greeting
Ketrampilan : Speaking
A. Standard
Competence :
Ø Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar.
B. Basic
Competence :
Ø Memahami
makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
berupa simple present tense dengan
menggunakan ragam bahasa secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar.
C.
Indicator :
Ø Siswa mampu merespon ungkapan greeting dari orang lain
Ø Siswa dapat mempraktekkan ungkapan greeting kepada orang lain
D. Time
Allocation : 2 x 40 minutes (1
meeting)
E. Learning
Goals :
Ø Pada akhir
pelajaran siswa dapat merespon ungkapan dalam greeting
Ø Pada akhir
pelajaran siswa mampu mengidentifikasi ungkapan greeting
Ø Pada akhir
pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa greeting
Karakter
siswa yang diharapkan : Percaya diri ( confident)
Rasa hormat dan perhatian( respect)
Tekun ( diligence )
Komunikatif (communicative)
Tekun ( diligence )
Komunikatif (communicative)
F. Materials :
Ø Greeting
G. Model / Learning Method
a)
Model : PAIKEM
b)
Method : CTL
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan
ke 1:
Kegiatan awal:
|
Guru
|
Siswa
|
Metode
|
Alokasi
waktu
|
Memberikan salam dan berdo’a
sebelum pelajaran dimulai
|
Siswa menjawab salam dan berdo’a
semua
|
Siswa aktif
|
5 menit
|
Memulai
pelajaran serta mengecek kehadiran
siswa
|
Siswa menjawab panggilan
guru
|
Siswa aktif
|
2 menit
|
Guru menunjukkan point – point dan memberikan pertanyaan berkaitan tentang materi yang
akan diajarkan dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan
isi materi.
|
Siswa menyimak
|
Tanya jawab
|
2 menit
|
Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan
siswa selama kegiatan pembelajaran
|
Siswa mendengarkan dan menyimak
|
Ceramah
|
2 menit
|
Kegiatan inti :
|
Guru memberikan penjelasan tentang greeting
|
Siswa
memperhatikan
|
Ceramah
|
15 menit
|
Guru memberikan contoh tentang greeting dengan
menggunakan media yang melibatkan
siswa dan siswa mendengarkan dengan seksama
|
Guru dan salah satu siswa praktik
|
Guru dan siswa aktif
|
10 menit
|
Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikan greeting Seperti aktivitas di
sekolah,dll.
|
Siswa mempraktikan materi secara
bersama sama
|
Siswa aktif
|
22 menit
|
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dilembar kerja siswa.
|
Siswa mengerjakan lembaran kerja
|
Siswa aktif
|
15 menit
|
Kegiatan akhir :
|
Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan
feed-back berupa kesulitan apa yang
dihadapi,dan kesan terhadap pelajaran yang telah diterangkan
|
Siswa menjawab pertanyaan
|
Ceramah
|
2 menit
|
Guru mengulang kembali secara singkat pelajaran yang
diajarkan.
|
Siswa dan Guru merangkum
|
Siswa aktif
|
4 menit
|
Salam dan doa
|
Siswa menjawab salam
|
Siswa aktif
|
1 menit
|
I. Sumber
Belajar
a. Modul Bangkit
Bahasa Inggris kelas 7
b. Scaffolding for Junior High School Students Grade
VII
J. Media
a. Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus
d. Sterofoam
e. gambar yang relevan
b. Boardmarker
c. Penghapus
d. Sterofoam
e. gambar yang relevan
K. Penilaian
a. Teknik : Tes
tertulis
b. Bentuk
: Uraian, pengamatan sikap dan keaktifan
siswa di kelas
c
Instrumen :
Terlampir
d. Bentuk
soal : Essay
e. KKM : 75
Question
1.
Ari : Good morning, Mita?
Mita : ………………, Ari.
2.
Rudi : How are you, Wilda?
Wilda : …………… thank you
3.
Sari : I am going to bed, mom!
Mother : Ok. ………. My sweety.
4.
Katrin : Hello, I am Katrin
Alin : Hi, my …….. is Alin
5.
Ina : I want to go home, Ani!
Ani : Ok. ……………
Instrument Penilaian
1. Penilaian Essay
Betul x 5 = 100
2.
Standard
of Assessment:
Score
|
Students’
Performance
|
100-90
|
Exellent
|
89-70
|
Very
Good
|
69-51
|
Good
|
50-0
|
Bad
|
Tulungagung, 5 September 2013
Guru
Pamong Guru PPL
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Drs. Muhamad Dopir,
M. Pd. I
NIP.196708011996031001
NIP.196708011996031001
GREETING
A.
Vocabulary
in greeting
Greetings
|
Responses
|
Hi
Hello
Good morning
Good afternoon
Good evening
Good night
How are you?
|
Hi
Hello
Good morning
Good afternoon
Good evening
Good night
Fine, thanks
|
Mr. Ahmad : Good morning students
Students : Good morning Mr. Ahmad
Mr. Ahmad : How are you this morning?
Students : We are fine, thank you.
Students : Good morning Mr. Ahmad
Mr. Ahmad : How are you this morning?
Students : We are fine, thank you.
Expression:
ü Say “good morning” if you meet someone between 00.00 - 12.00
ü Say “ good afternoon” if you meet someone between 12.00 - 18.00
ü Say “ good evening” if you meet someone between 18.00 - 24.00
ü Say “good night” if you leave someone in the evening or before going.
Key Answer
1. Good morning
2. I am fine
3. Good night
4. Name
5. Goodbye
No comments:
Post a Comment