RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : MTsN Aryojeding
Mata
pelajaran          : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester          : VII/
1
Topic
                         : Greeting
Ketrampilan              : Speaking
A.      Standard
Competence   :
Ø Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar.
B.       Basic
Competence          :
Ø Memahami
makna  dalam  percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana 
berupa simple present tense dengan
menggunakan ragam bahasa secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar.
C.     
Indicator                         :
Ø Siswa mampu merespon ungkapan greeting dari orang lain
Ø Siswa dapat mempraktekkan ungkapan greeting kepada orang lain
D.      Time
Allocation              :  2 x 40 minutes (1
meeting) 
E.       Learning
Goals               :
Ø Pada akhir
pelajaran siswa dapat merespon ungkapan dalam greeting
Ø Pada akhir
pelajaran siswa mampu mengidentifikasi ungkapan greeting
Ø Pada akhir
pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa greeting
Karakter
siswa yang diharapkan :       Percaya diri ( confident)
Rasa hormat dan perhatian( respect)
Tekun ( diligence )
Komunikatif (communicative)
Tekun ( diligence )
Komunikatif (communicative)
F.    Materials             :
Ø Greeting
G.   Model / Learning Method         
a)     
Model              : PAIKEM
b)     
Method           : CTL
H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan
ke 1:
| 
Kegiatan awal: | 
| 
Guru | 
Siswa | 
Metode | 
Alokasi
  waktu | 
| 
Memberikan salam dan berdo’a
  sebelum pelajaran dimulai | 
Siswa menjawab salam dan berdo’a
  semua | 
Siswa aktif | 
5 menit | 
| 
Memulai
  pelajaran  serta mengecek kehadiran
  siswa | 
Siswa menjawab panggilan
  guru | 
Siswa aktif | 
2 menit | 
| 
Guru menunjukkan point – point dan memberikan  pertanyaan berkaitan tentang materi yang
  akan diajarkan dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan
  isi materi. | 
Siswa menyimak | 
Tanya jawab | 
2 menit | 
| 
Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan
  siswa selama kegiatan pembelajaran | 
Siswa mendengarkan dan menyimak | 
Ceramah | 
2 menit | 
| 
Kegiatan inti : | 
| 
Guru memberikan penjelasan tentang greeting | 
Siswa
  memperhatikan | 
Ceramah | 
15 menit | 
| 
Guru memberikan contoh tentang greeting dengan
  menggunakan media  yang melibatkan
  siswa dan siswa mendengarkan dengan seksama | 
Guru dan salah satu siswa praktik | 
Guru dan siswa aktif | 
10 menit | 
| 
Guru membagi siswa
  menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikan greeting Seperti aktivitas di
  sekolah,dll. | 
Siswa mempraktikan materi secara
  bersama sama | 
Siswa aktif | 
22 menit | 
| 
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang
  ada dilembar kerja siswa. | 
Siswa mengerjakan lembaran kerja | 
Siswa aktif | 
15 menit | 
| 
Kegiatan akhir : | 
| 
Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan
  feed-back  berupa kesulitan apa yang
  dihadapi,dan kesan terhadap pelajaran yang telah diterangkan | 
Siswa menjawab pertanyaan | 
Ceramah | 
2 menit | 
| 
Guru mengulang kembali secara singkat pelajaran yang
  diajarkan. | 
Siswa dan Guru merangkum | 
Siswa aktif | 
4 menit | 
| 
Salam dan doa                | 
Siswa menjawab salam | 
Siswa aktif | 
1 menit | 
I.      Sumber
Belajar
a. Modul Bangkit
Bahasa Inggris kelas 7
b. Scaffolding for Junior High School Students Grade
VII
J.      Media  
a. Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus
d. Sterofoam
e. gambar yang relevan
b. Boardmarker
c. Penghapus
d. Sterofoam
e. gambar yang relevan
K.   Penilaian
a.         Teknik              :         Tes
tertulis
b.         Bentuk            
:         Uraian, pengamatan sikap dan keaktifan
siswa di kelas
c         
Instrumen        :
        Terlampir
d.         Bentuk
soal     :           Essay
e.         KKM                :          75
Question
1.     
Ari       : Good morning, Mita?
Mita     : ………………, Ari.
2.     
Rudi    : How are you, Wilda?
Wilda  : …………… thank you
3.     
Sari                  : I am going to bed, mom!
Mother            : Ok. ………. My sweety.
4.     
Katrin  : Hello, I am Katrin
Alin     : Hi, my …….. is Alin
5.     
Ina       : I want to go home, Ani!
Ani      : Ok. ……………
Instrument Penilaian
1.      Penilaian  Essay
Betul x 5 = 100
2.     
Standard
of Assessment:
| 
Score | 
Students’
  Performance | 
| 
100-90 | 
Exellent | 
| 
89-70 | 
Very
  Good | 
| 
69-51 | 
Good | 
| 
50-0 | 
Bad | 
Tulungagung, 5 September 2013
Guru
Pamong                                                                          Guru PPL
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Drs. Muhamad Dopir,
M. Pd. I
NIP.196708011996031001
NIP.196708011996031001
GREETING
A.     
Vocabulary
in greeting
| 
Greetings | 
Responses | 
| 
Hi 
Hello 
Good morning 
Good afternoon 
Good evening 
Good night 
How are you? | 
Hi 
Hello 
Good morning 
Good afternoon 
Good evening 
Good night 
Fine, thanks | 
Mr. Ahmad     : Good morning students
Students : Good morning Mr. Ahmad
Mr. Ahmad : How are you this morning?
Students : We are fine, thank you.
Students : Good morning Mr. Ahmad
Mr. Ahmad : How are you this morning?
Students : We are fine, thank you.
Expression:
ü  Say “good morning” if you meet someone between 00.00 - 12.00
ü  Say “ good afternoon” if you meet someone between 12.00 - 18.00
ü  Say “ good evening” if you meet someone between 18.00 - 24.00
ü  Say “good night” if you leave someone in the evening or before going.
Key Answer
1.      Good morning
2.      I am fine
3.      Good night
4.      Name
5.      Goodbye
 
No comments:
Post a Comment