RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : MTsN Aryojeding
Mata pelajaran          : Bahasa inggris
Kelas/Semester          : VII/ 1
Topic                          : Introduction
Ketrampilan              : Speaking
A.     
Standard
competence    :
Ø Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
B.      
Basic
competence           :
Ø Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang
lain.
Ø Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
C.     
Indicator                         :
Ø Siswa dapat merespon ucapan orang yang belum dikenal/sudah dikenal.
Ø Siswa mampu mengidentifikasi ungkapan introduction.
Ø Siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa introduction.
D.     
Time allocation   :  2 x 40 minutes (1 meeting) 
E.      
Learning goals    :
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon ungkapan introduction.
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu mengidentifikasi ungkapan Introduction.
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa introduction.
Karakter siswa yang diharapkan
:       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)
F.    Materials             :
Ø Introduction 
G.   Model / learning method           
a)     
Model              :
PAIKEM
b)     
Method           :
CTL
H.    Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran:
Pertemuan ke 3:
| 
Kegiatan awal: | 
| 
       Guru | 
         Siswa | 
Metode | 
Alokasi waktu | 
| 
Memberikan salam dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai | 
Siswa menjawab salam dan berdo’a semua | 
Siswa aktif | 
5 menit | 
| 
Memulai pelajaran  serta mengecek kehadiran siswa | 
Siswa menjawab panggilan guru | 
Siswa aktif | 
2 menit | 
| 
Orientasi 
Guru menunjukkan point – point
  dan memberikan  pertanyaan berkaitan
  tentang materi yang akan diajarkan dan meminta siswa untuk menjawab
  pertanyaan berkenaan dengan isi materi. | 
Siswa menyimak | 
Tanya jawab | 
2 menit | 
| 
Guru menyampaikan kegiatan yang
  akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran | 
Siswa mendengarkan dan menyimak | 
Ceramah | 
2 menit | 
| 
Kegiatan inti : | 
| 
Guru memberikan penjelasan
  tentang Introduction | 
Siswa memperhatikan | 
Ceramah | 
15 menit | 
| 
Guru memberikan contoh tentang Introduction
  dengan ekspresi yang bervariasi, kemudian meminta bantuan salah satu siswa
  untuk mempraktekkan bersama di depan siswa-siswi kelas
  VII dan yang lainnya harus mendengarkan | 
Guru dan salah satu siswa praktek bersama di depan kelas | 
Guru dan siswa
  aktif | 
10 menit | 
| 
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikan
  introduction Seperti aktivitas di sekolah, perpustakaan, dll. | 
Siswa membuat percakapan dan
  mempraktikan | 
Siswa aktif | 
22 menit | 
| 
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dilembar kerja siswa. | 
Siswa mengerjakan
  lembaran kerja | 
Siswa aktif | 
15 menit | 
| 
Kegiatan akhir : | 
| 
Guru menanyakan kesan siswa
  untuk memberikan feed-back  berupa
  kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang telah
  diterangkan | 
Siswa menjawab pertanyaan | 
Ceramah | 
2 menit | 
| 
Guru mengulang kembali
  pelajaran yang telah diajarkan. | 
Siswa dan Guru merangkum | 
Siswa aktif | 
4 menit | 
| 
Salam dan doa              | 
Siswa menjawab salam | 
Siswa aktif | 
1 menit | 
I.  Sumber Belajar
a. Modul Bangkit Bahasa Inggris
kelas 7
J.      Media  
a. Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus
b. Boardmarker
c. Penghapus
K.    Penilaian
a.         Teknik              :         Tes tertulis
b.         Bentuk             :         Uraian, pengamatan sikap
dan keaktifan siswa di kelas
c         
Instrumen        :
         Terlampir
d.         Bentuk soal     :           Essay
e.         KKM                :          75
1. Please fill in the blank by giving
good answer the questions below!
1.    Ali              :
Hello. My name is Ali. What .........(is your name)?
Abi             :
Hello. My name is Abi. Nice to see you.
Ali              :
Nice to se you. Too.
2.    Roger          : Good afternoon, sir.
Mr. Felix : God afternoon. Are you new student?
Roger : Yes, Sir. I’m John Roger. ............(how are you)?
Mr. Felix : Fine.
Mr. Felix : God afternoon. Are you new student?
Roger : Yes, Sir. I’m John Roger. ............(how are you)?
Mr. Felix : Fine.
3.    Harir           : Hello. I’m Harir.
Una&Ifa : Hi. We .... (are) Una And Ifa. Nice to meet you.
Harir : Nice to meet you, too.
Una&Ifa : Hi. We .... (are) Una And Ifa. Nice to meet you.
Harir : Nice to meet you, too.
4.    Romi           : Hi, Reni! What are
you doing ?
Reni : I’m going to go bookstore. Do you want to come with me?
Romi : Sorry. I’m going home.
Reni : Ok. ..........(see you) at home.
Romi : See you.
Reni : I’m going to go bookstore. Do you want to come with me?
Romi : Sorry. I’m going home.
Reni : Ok. ..........(see you) at home.
Romi : See you.
5.    Ibnu            : Bahtiyar, this is my
friend, Ardan.
Bahtiyar : Hi Ardan, .................( nice to meet you)
Bahtiyar : Hi Ardan, .................( nice to meet you)
Instrument Penilaian
1.      Penilaian  Essay
Betul x 20 = 100         
2.     
Standard of Assessment:
| 
Score | 
Students’
  Performance | 
| 
100-85 | 
Exellent | 
| 
84-70 | 
Very Good | 
| 
69-50 | 
Good | 
| 
49-0 | 
Bad | 
Tulungagung, 16 September 2013
Guru
Pamong                                                                          Guru PPL
Imam Saiful Khoiri,
S. Pd.                                                   Muh. Zien Khafid
NIP.197204122007011039 NIM.3213103108
NIP.197204122007011039 NIM.3213103108
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Drs. Muhamad Dopir,
M. Pd. I
NIP.196708011996031001
NIP.196708011996031001
INTRODUCTION
1.       
Introducing
our self to others
Ali and Ghozali are new student, and they meet in the
classroom.
Ali                :           Hi, I am Ali. What is your name?
Ghozali        :           Hello,
I am Ghozali. I am from Semarang. Where are you 
                                 from?   
Ali                :           I am from Surabaya. Nice to meet you.
Ghozali        :           Nice
to meet you, too.
Dialogue
I 
Priska          : Excuse me. Is your name Doni?
Doni                        : That’s
right.
Priska          : I’m Priska.
Dialogue
II (In a school canteen) 
Martin         : Is this seat taken?
Yoto             : No, help yourself. Are you new
here?
Martin         : Yes.
Yoto             : What’s your name anyway?
Martin         : Martin. What’s yours?
Yoto             : Maryoto. But everybody calls me
Yoto.
Grammar
Stage
| 
Pronoun | 
To
  Be | 
| 
I | 
am | 
| 
You | 
are | 
| 
He | 
is | 
| 
She | 
is | 
| 
It | 
is | 
| 
We | 
are | 
| 
They | 
are | 
 
Kade Casino: Online Casino Games for Cash and Poker
ReplyDeleteKade Casino is an excellent casino with excellent welcome bonuses and many more. You can enjoy hundreds 인카지노 of 온카지노 games such as Slots, febcasino Blackjack, Roulette,