Wednesday 22 April 2015

RPP Bahasa Inggris Introduction (speaking)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : MTsN Aryojeding
Mata pelajaran          : Bahasa inggris
Kelas/Semester          : VII/ 1
Topic                          : Introduction
Ketrampilan              : Speaking
A.      Standard competence    :
Ø Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
B.       Basic competence           :
Ø Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
Ø Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
C.      Indicator                         :
Ø Siswa dapat merespon ucapan orang yang belum dikenal/sudah dikenal.
Ø Siswa mampu mengidentifikasi ungkapan introduction.
Ø Siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa introduction.
D.      Time allocation   :  2 x 40 minutes (1 meeting)
E.       Learning goals    :
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon ungkapan introduction.
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu mengidentifikasi ungkapan Introduction.
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa introduction.

Karakter siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)


F.    Materials             :
Ø Introduction


G.   Model / learning method          
a)      Model              : PAIKEM
b)      Method           : CTL

H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan ke 3:
Kegiatan awal:
       Guru
         Siswa
Metode
Alokasi waktu
Memberikan salam dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai
Siswa menjawab salam dan berdo’a semua
Siswa aktif
5 menit
Memulai pelajaran  serta mengecek kehadiran siswa

Siswa menjawab panggilan guru

Siswa aktif
2 menit
Orientasi
Guru menunjukkan point – point dan memberikan  pertanyaan berkaitan tentang materi yang akan diajarkan dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan isi materi.
Siswa menyimak
Tanya jawab
2 menit
Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran
Siswa mendengarkan dan menyimak
Ceramah
2 menit

Kegiatan inti :
Guru memberikan penjelasan tentang Introduction
Siswa memperhatikan
Ceramah
15 menit
Guru memberikan contoh tentang Introduction dengan ekspresi yang bervariasi, kemudian meminta bantuan salah satu siswa untuk mempraktekkan bersama di depan siswa-siswi kelas VII dan yang lainnya harus mendengarkan
Guru dan salah satu siswa praktek bersama di depan kelas
Guru dan siswa aktif
10 menit
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikan introduction Seperti aktivitas di sekolah, perpustakaan, dll.
Siswa membuat percakapan dan mempraktikan
Siswa aktif
22 menit
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dilembar kerja siswa.
Siswa mengerjakan lembaran kerja
Siswa aktif
15 menit
Kegiatan akhir :
Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back  berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang telah diterangkan
Siswa menjawab pertanyaan
Ceramah
2 menit
Guru mengulang kembali pelajaran yang telah diajarkan.
Siswa dan Guru merangkum
Siswa aktif
4 menit
Salam dan doa            
Siswa menjawab salam
Siswa aktif
1 menit
 

I.  Sumber Belajar
a. Modul Bangkit Bahasa Inggris kelas 7
J.      Media 
a. Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus
K.    Penilaian
a.         Teknik              :         Tes tertulis
b.         Bentuk            :         Uraian, pengamatan sikap dan keaktifan siswa di kelas
c          Instrumen        :          Terlampir
d.         Bentuk soal     :           Essay
e.         KKM               :          75
1. Please fill in the blank by giving good answer the questions below!
1.    Ali              : Hello. My name is Ali. What .........(is your name)?
Abi             : Hello. My name is Abi. Nice to see you.
Ali              : Nice to se you. Too.

2.    Roger          : Good afternoon, sir.
Mr. Felix     : God afternoon. Are you new student?
Roger          : Yes, Sir. I’m John Roger. ............
(how are you)?
Mr. Felix     : Fine.

3.    Harir           : Hello. I’m Harir.
Una&Ifa     : Hi. We ....
(are) Una And Ifa. Nice to meet you.
Harir           : Nice to meet you, too.

4.    Romi           : Hi, Reni! What are you doing ?
Reni            : I’m going to go bookstore. Do you want to come with me?
Romi           : Sorry. I’m going home.
Reni            : Ok. ..........
(see you) at home.
Romi           : See you.

5.    Ibnu            : Bahtiyar, this is my friend, Ardan.
Bahtiyar      : Hi Ardan, .................
( nice to meet you)

Instrument Penilaian
1.      Penilaian  Essay
Betul x 20 = 100        
2.      Standard of Assessment:

Score
Students’ Performance
100-85
Exellent
84-70
Very Good
69-50
Good
49-0
Bad


Tulungagung, 16 September 2013
Guru Pamong                                                                          Guru PPL

Imam Saiful Khoiri, S. Pd.                                                   Muh. Zien Khafid
NIP.197204122007011039                                                    NIM.3213103108


Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding


Drs. Muhamad Dopir, M. Pd. I
NIP.196708011996031001




INTRODUCTION
1.        Introducing our self to others

Ali and Ghozali are new student, and they meet in the classroom.
Ali                :           Hi, I am Ali. What is your name?
Ghozali        :           Hello, I am Ghozali. I am from Semarang. Where are you
                                 from?  
Ali                :           I am from Surabaya. Nice to meet you.
Ghozali        :           Nice to meet you, too.

Dialogue I
Priska          : Excuse me. Is your name Doni?
Doni                        : That’s right.
Priska          : I’m Priska.
Dialogue II (In a school canteen)
Martin         : Is this seat taken?
Yoto             : No, help yourself. Are you new here?
Martin         : Yes.
Yoto             : What’s your name anyway?
Martin         : Martin. What’s yours?
Yoto             : Maryoto. But everybody calls me Yoto.
Grammar Stage

Pronoun
To Be
I
am
You
are
He
is
She
is
It
is
We
are
They
are

1 comment:

  1. Kade Casino: Online Casino Games for Cash and Poker
    Kade Casino is an excellent casino with excellent welcome bonuses and many more. You can enjoy hundreds 인카지노 of 온카지노 games such as Slots, febcasino Blackjack, Roulette,

    ReplyDelete