Thursday 23 April 2015

RPP introduction and Daily Life (writting)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MTsN Aryojeding
Mata pelajaran          : Bahasa inggris
Kelas/Semester          : VII/ 1
Topic                          : Introduction and Daily Life
Ketrampilan              : Writing
A.      Standard Competence   :
Ø Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
B.       Basic Competence          :
Ø Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa  tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
C.      Indicator                         :
Ø Melengkapi teks fungsional pendek dengan mandiri, ulet dan kreatif.
Ø Menulis teks fungsional pendek (shopping lists) dengan mandiri, ulet dan kreatif.
D.      Time Allocation  :  2 x 40 minutes (1 meeting)
E.       Learning Goals   :
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon ungkapan Daily Life
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu mengidentifikasi ungkapan Daily Life.
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa Daily Life

Karakter siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)


F.    Materials             :
Ø Introduction and Daily Life
G.   Model / Learning Method        
a)      Model              : PAIKEM
b)      Method           : CTL

H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan ke 4 & 5:
Kegiatan awal:
       Guru
         Siswa
Metode
Alokasi waktu
Memberikan salam dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai
Siswa menjawab salam dan berdo’a semua
Siswa aktif
5 menit
Memulai pelajaran  serta mengecek kehadiran siswa

Siswa menjawab panggilan guru

Siswa aktif
2 menit
Orientasi
Guru menunjukkan point – point dan memberikan  pertanyaan berkaitan tentang materi yang akan diajarkan dan meminta siswa untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan isi materi.
Siswa menyimak
Tanya jawab
2 menit
Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran

Siswa mendengarkan dan menyimak
Ceramah
2 menit

Kegiatan inti :
Guru memberikan penjelasan tentang key vocabulary dalam dialog
Siswa memperhatikan
Ceramah
15 menit
Guru memberikan contoh dialog percakapan dengan ekspresi yang bervariasi, kemudian meminta bantuan salah satu siswa untuk mempraktekkan bersama di depan siswa-siswi kelas VII dan yang lainnya harus mendengarkan
Guru dan salah satu siswa praktek bersama di depan kelas
Guru dan siswa aktif
10 menit
Guru mempraktikan dialog percakapan dengan bantuan siswa
Siswa membuat percakapandan mempraktikan
Siswa aktif
22menit
Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dilembar kerja siswa.
Siswa mengerjakan lembaran kerja
Siswa aktif
15 menit
Kegiatan akhir :
Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back  berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang telah diterangkan
Siswa menjawab pertanyaan
Ceramah
2 menit
Guru mengulang kembali pelajaran yang telah diajarkan.
Siswa dan Guru merangkum
Siswa aktif
4 menit
Salam dan doa            
Siswa menjawab salam
Siswa aktif
1 menit
I.      Sumber Belajar
a. Modul Bangkit Bahasa Inggris kelas 7
b. English In Focus for Junior School Grade VII


J.      Media 
a. Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus
K.     Penilaian
a.         Teknik              :         Tes tertulis
b.         Bentuk            :         Uraian, pengamatan sikap dan keaktifan siswa di kelas
c          Instrumen        :          Terlampir
d.         Bentuk soal     :           Essay
e.         KKM               :          75

Question
Please make shopping list of stationeries!
No
Things
Quantity
1
Pen
10
2
.............................(book)
...........
3
.............................(eraser)
...........
4
.............................(ruler)
...........
5
.............................(pencil)
...........
Please make shopping list of furniture!
No
Things
Quantity
1
Table
2
2
.............................(cupboard)
...........
3
.............................(chair)
...........
4
.............................(Sofa)
...........
5
.............................( Spring bed)
...........
Instrument Penilaian
1.      Penilaian  Essay
Betul x 10= 10            0
2.      Standard of Assessment:

Score
Students’ Performance
100-90
Exellent
89-70
Very Good
69-50
Good
49-0
Bad

Tulungagung, 19 September 2013
Guru Pamong                                                                          Guru PPL

Imam Saiful Khoiri, S. Pd.                                                   Muh. Zien Khafid
NIP.197204122007011039                                                    NIM.3213103108


Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding


Drs. Muhamad Dopir, M. Pd. I
NIP.196708011996031001





DAILY LIFE
1)      Key Vocabulary
Can I help you?
Do you have .....?
Can I try it (them) on?
Size – extra small – small – medium – large – extra large
How does it fit?
Changing rooms
How would you like to pay?
Credit cards

2)      DIALOGUE (Modul halaman 13)
Shopping for a sweater
A: Can I help you?
B: Yes, I’m looking for a sweater.
A: What size are you?
A: I’m an extra large.
A: How about this one?
B: Yes, that’s nice. Can I try it on?
A: Certainly, there’s the changing rooms over there?
B: Thank you.
A: How does it fit?
B: It’s too large. Do you have a smaller one?
A: Yes, here you are.
B: Thank you. I’ll have it, please.
A: OK, how would you like to pay?
B: Do you take credit cards?
A: Yes, we do. Visa, Master Card and American Express.
B: OK, here’s my Visa.         
A: Thank you. Have a nice day!
B: Thank you, good bye.


Vocabulary:
1.      Help                  : membantu                 8. Looking for             : mencari
2.      Sweater                        : jaket penghangat       9. Size                         : ukuran
3.      Large                : besar                          10. Nice                       : bagus
4.      Try                    : mencoba                    11. Changing room     :ruang ganti
5.      Smaller             : lebih kecil                  12. Pay                        : membayar
6.      Take                  : mengambil/memakai 13. Credit                    : kredit
7.      Card                 : kartu                          14.  Visa                      : visa   

3)      SPELLING AND PRONUNCIATION
ALPABHET (Abjad)
A
A – a – (ei)
B
B – b – (bi)
C
C – c – (si)
D
D – d – (di)
E
E – e – (i:)
F
F – f – (ef)
G
G – g – (ji)
H
H – h – (eits)
I
I – i – (ai)
J
J – j – (jei)
K
K – k – (kei)
L
L – l – (el)
M
M – m – (em)
N
N – n – (en)
O
O – o – (ou)
P
P – p – (pi:)
Q
Q – q – (kyu)
R
R – r – (a:)
S
S – s – (es)
T
T – t – (ti:)
U
U – u – (yu:)
V
V – v – (vi:)
W
W – w – (dablyu)
X
X – x – (eks)
Y
Y – y – (wai)
Z
Z – z – (zi)

No comments:

Post a Comment