RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTsN Aryojeding
Mata pelajaran : Bahasa inggris
Kelas/Semester : VII/ 1
Topic : Introduction and Daily Life
Ketrampilan : Writing
A.
Standard Competence :
Ø Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
B.
Basic Competence :
Ø Mengungkapkan
makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
C.
Indicator :
Ø Melengkapi
teks fungsional pendek dengan mandiri, ulet dan kreatif.
Ø Menulis
teks fungsional pendek (shopping lists) dengan mandiri, ulet dan kreatif.
D.
Time Allocation : 2 x 40 minutes (1 meeting)
E.
Learning Goals :
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon ungkapan Daily Life
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu mengidentifikasi ungkapan Daily Life.
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa Daily Life
Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)
F. Materials :
Ø Introduction and Daily Life
G. Model / Learning Method
a)
Model :
PAIKEM
b)
Method :
CTL
H. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran:
Pertemuan ke 4 & 5:
Kegiatan awal:
|
Guru
|
Siswa
|
Metode
|
Alokasi
waktu
|
Memberikan
salam dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai
|
Siswa
menjawab salam dan berdo’a semua
|
Siswa aktif
|
5 menit
|
Memulai pelajaran serta
mengecek kehadiran siswa
|
Siswa menjawab panggilan guru
|
Siswa aktif
|
2 menit
|
Orientasi
Guru menunjukkan
point – point dan memberikan
pertanyaan berkaitan tentang materi yang akan diajarkan dan meminta
siswa untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan isi materi.
|
Siswa menyimak
|
Tanya jawab
|
2 menit
|
Guru menyampaikan
kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran
|
Siswa mendengarkan dan menyimak
|
Ceramah
|
2 menit
|
Kegiatan inti :
|
Guru memberikan
penjelasan tentang key vocabulary dalam dialog
|
Siswa
memperhatikan
|
Ceramah
|
15 menit
|
Guru memberikan contoh
dialog percakapan dengan ekspresi yang bervariasi, kemudian meminta bantuan
salah satu siswa untuk mempraktekkan bersama di depan siswa-siswi kelas VII
dan yang lainnya harus mendengarkan
|
Guru dan
salah satu siswa praktek bersama di depan kelas
|
Guru dan siswa
aktif
|
10 menit
|
Guru mempraktikan dialog
percakapan dengan bantuan siswa
|
Siswa
membuat percakapandan mempraktikan
|
Siswa aktif
|
22menit
|
Guru meminta siswa
untuk mengerjakan soal-soal yang ada dilembar kerja siswa.
|
Siswa mengerjakan
lembaran kerja
|
Siswa aktif
|
15 menit
|
Kegiatan akhir :
|
Guru menanyakan kesan
siswa untuk memberikan feed-back
berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang
telah diterangkan
|
Siswa menjawab pertanyaan
|
Ceramah
|
2 menit
|
Guru mengulang kembali
pelajaran yang telah diajarkan.
|
Siswa dan
Guru merangkum
|
Siswa aktif
|
4 menit
|
Salam dan
doa
|
Siswa menjawab salam
|
Siswa aktif
|
1 menit
|
I. Sumber Belajar
a. Modul Bangkit Bahasa Inggris
kelas 7
b. English In Focus for Junior School Grade VII
J. Media
a.
Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus
b. Boardmarker
c. Penghapus
K. Penilaian
a. Teknik : Tes tertulis
b. Bentuk : Uraian, pengamatan sikap
dan keaktifan siswa di kelas
c
Instrumen :
Terlampir
d. Bentuk soal : Essay
e. KKM : 75
Question
Please make shopping list of stationeries!
No
|
Things
|
Quantity
|
1
|
Pen
|
10
|
2
|
.............................(book)
|
...........
|
3
|
.............................(eraser)
|
...........
|
4
|
.............................(ruler)
|
...........
|
5
|
.............................(pencil)
|
...........
|
Please make shopping list of furniture!
No
|
Things
|
Quantity
|
1
|
Table
|
2
|
2
|
.............................(cupboard)
|
...........
|
3
|
.............................(chair)
|
...........
|
4
|
.............................(Sofa)
|
...........
|
5
|
.............................( Spring bed)
|
...........
|
Instrument Penilaian
1. Penilaian Essay
Betul x 10= 10 0
2.
Standard of Assessment:
Score
|
Students’
Performance
|
100-90
|
Exellent
|
89-70
|
Very Good
|
69-50
|
Good
|
49-0
|
Bad
|
Tulungagung, 19 September 2013
Guru
Pamong Guru PPL
Imam Saiful Khoiri,
S. Pd. Muh. Zien Khafid
NIP.197204122007011039 NIM.3213103108
NIP.197204122007011039 NIM.3213103108
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Drs. Muhamad Dopir,
M. Pd. I
NIP.196708011996031001
NIP.196708011996031001
DAILY LIFE
1) Key
Vocabulary
Can I help you?
Do you have .....?
Can I try it (them) on?
Size – extra small –
small – medium – large – extra large
How does it fit?
Changing rooms
How would you like to
pay?
Credit cards
2) DIALOGUE
(Modul halaman 13)
Shopping for a sweater
A: Can I help you?
B: Yes, I’m looking for a
sweater.
A: What size are you?
A: I’m an extra large.
A: How about this one?
B: Yes, that’s nice. Can
I try it on?
A: Certainly, there’s the
changing rooms over there?
B: Thank you.
A: How does it fit?
B: It’s too large. Do
you have a smaller one?
A: Yes, here you are.
B: Thank you. I’ll have
it, please.
A: OK, how would you like
to pay?
B: Do you take credit
cards?
A: Yes, we do. Visa,
Master Card and American Express.
B: OK, here’s
my Visa.
A: Thank you. Have a nice
day!
B: Thank you, good bye.
Vocabulary:
1.
Help : membantu 8. Looking for : mencari
2.
Sweater : jaket penghangat 9. Size :
ukuran
3.
Large : besar 10. Nice :
bagus
4.
Try : mencoba 11. Changing room :ruang ganti
5.
Smaller : lebih kecil 12. Pay : membayar
6.
Take : mengambil/memakai 13. Credit :
kredit
7.
Card : kartu 14.
Visa : visa
ALPABHET (Abjad)
A
A – a – (ei)
|
B
B – b – (bi)
|
C
C – c – (si)
|
D
D – d – (di)
|
E
E – e – (i:)
|
F
F – f – (ef)
|
G
G – g – (ji)
|
H
H – h – (eits)
|
I
I – i – (ai)
|
J
J – j – (jei)
|
K
K – k – (kei)
|
L
L – l – (el)
|
M
M – m – (em)
|
N
N – n – (en)
|
O
O – o – (ou)
|
P
P – p – (pi:)
|
Q
Q – q – (kyu)
|
R
R – r – (a:)
|
S
S – s – (es)
|
T
T – t – (ti:)
|
U
U – u – (yu:)
|
V
V – v – (vi:)
|
W
W – w – (dablyu)
|
X
X – x – (eks)
|
Y
Y – y – (wai)
|
Z
Z – z – (zi)
|
No comments:
Post a Comment