RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : MTsN Aryojeding
Mata pelajaran          : Bahasa inggris
Kelas/Semester          : VII/ 1
Topic                          : Introduction and Daily Life
Ketrampilan              : Writing
A.     
Standard Competence   :
Ø Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
B.      
Basic Competence          :
Ø Mengungkapkan
makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa  tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
C.     
Indicator                         :
Ø Melengkapi
teks fungsional pendek dengan mandiri, ulet dan kreatif.
Ø Menulis
teks fungsional pendek (shopping lists) dengan mandiri, ulet dan kreatif. 
D.     
Time Allocation  :  2 x 40 minutes (1 meeting) 
E.      
Learning Goals   :
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat merespon ungkapan Daily Life
Ø Pada akhir pelajaran siswa mampu mengidentifikasi ungkapan Daily Life.
Ø Pada akhir pelajaran siswa dapat membuat percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana berupa Daily Life
Karakter siswa yang diharapkan
:       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect)
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)
Tekun ( diligence )
Tanggungjawab ( responsibility)
F.    Materials             :
Ø Introduction and Daily Life
G.   Model / Learning Method         
a)     
Model              :
PAIKEM
b)     
Method           :
CTL
H.    Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran:
Pertemuan ke 4 & 5:
| 
Kegiatan awal: | 
| 
       Guru | 
         Siswa | 
Metode | 
Alokasi
  waktu | 
| 
Memberikan
  salam dan berdo’a sebelum pelajaran dimulai | 
Siswa
  menjawab salam dan berdo’a semua | 
Siswa aktif | 
5 menit | 
| 
Memulai pelajaran  serta
  mengecek kehadiran siswa | 
Siswa menjawab panggilan guru | 
Siswa aktif | 
2 menit | 
| 
Orientasi 
Guru menunjukkan
  point – point dan memberikan 
  pertanyaan berkaitan tentang materi yang akan diajarkan dan meminta
  siswa untuk menjawab pertanyaan berkenaan dengan isi materi. | 
Siswa menyimak | 
Tanya jawab | 
2 menit | 
| 
Guru menyampaikan
  kegiatan yang akan dilaksanakan siswa selama kegiatan pembelajaran | 
Siswa mendengarkan dan menyimak | 
Ceramah | 
2 menit | 
| 
Kegiatan inti : | 
| 
Guru memberikan
  penjelasan tentang key vocabulary dalam dialog | 
Siswa
  memperhatikan | 
Ceramah | 
15 menit | 
| 
Guru memberikan contoh
  dialog percakapan dengan ekspresi yang bervariasi, kemudian meminta bantuan
  salah satu siswa untuk mempraktekkan bersama di depan siswa-siswi kelas VII
  dan yang lainnya harus mendengarkan | 
Guru dan
  salah satu siswa praktek bersama di depan kelas | 
Guru dan siswa
  aktif | 
10 menit | 
| 
Guru mempraktikan dialog
  percakapan dengan bantuan siswa  | 
Siswa
  membuat percakapandan mempraktikan | 
Siswa aktif | 
22menit | 
| 
Guru meminta siswa
  untuk mengerjakan soal-soal yang ada dilembar kerja siswa. | 
Siswa mengerjakan
  lembaran kerja | 
Siswa aktif | 
15 menit | 
| 
Kegiatan akhir : | 
| 
Guru menanyakan kesan
  siswa untuk memberikan feed-back 
  berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang
  telah diterangkan | 
Siswa menjawab pertanyaan | 
Ceramah | 
2 menit | 
| 
Guru mengulang kembali
  pelajaran yang telah diajarkan. | 
Siswa dan
  Guru merangkum | 
Siswa aktif | 
4 menit | 
| 
Salam dan
  doa              | 
Siswa menjawab salam | 
Siswa aktif | 
1 menit | 
I.      Sumber Belajar
a. Modul Bangkit Bahasa Inggris
kelas 7
b. English In Focus for Junior School Grade VII
J.      Media  
a.
Whiteboard
b. Boardmarker
c. Penghapus
b. Boardmarker
c. Penghapus
K.     Penilaian
a.         Teknik              :         Tes tertulis
b.         Bentuk             :         Uraian, pengamatan sikap
dan keaktifan siswa di kelas
c         
Instrumen        :
         Terlampir
d.         Bentuk soal     :           Essay
e.         KKM                :          75
Question
Please make shopping list of stationeries!
| 
No | 
Things | 
Quantity | 
| 
1 | 
Pen | 
10 | 
| 
2 | 
.............................(book) | 
........... | 
| 
3 | 
.............................(eraser) | 
........... | 
| 
4 | 
.............................(ruler) | 
........... | 
| 
5 | 
.............................(pencil) | 
........... | 
Please make shopping list of furniture!
| 
No | 
Things | 
Quantity | 
| 
1 | 
Table | 
2 | 
| 
2 | 
.............................(cupboard) | 
........... | 
| 
3 | 
.............................(chair) | 
........... | 
| 
4 | 
.............................(Sofa) | 
........... | 
| 
5 | 
.............................( Spring bed) | 
........... | 
Instrument Penilaian
1.      Penilaian  Essay
Betul x 10= 10            0
2.     
Standard of Assessment:
| 
Score | 
Students’
  Performance | 
| 
100-90 | 
Exellent | 
| 
89-70 | 
Very Good | 
| 
69-50 | 
Good | 
| 
49-0 | 
Bad | 
Tulungagung, 19 September 2013
Guru
Pamong                                                                          Guru PPL
Imam Saiful Khoiri,
S. Pd.                                                   Muh. Zien Khafid
NIP.197204122007011039 NIM.3213103108
NIP.197204122007011039 NIM.3213103108
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Kepala MTs Negeri Aryojeding
Drs. Muhamad Dopir,
M. Pd. I
NIP.196708011996031001
NIP.196708011996031001
DAILY LIFE
1)      Key
Vocabulary
Can I help you?
Do you have .....?
Can I try it (them) on?
Size – extra small –
small – medium – large – extra large
How does it fit?
Changing rooms
How would you like to
pay?
Credit cards
2)      DIALOGUE
(Modul halaman 13)
Shopping for a sweater
A: Can I help you?
B: Yes, I’m looking for a
sweater.
A: What size are you?
A: I’m an extra large.
A: How about this one?
B: Yes, that’s nice. Can
I try it on?
A: Certainly, there’s the
changing rooms over there?
B: Thank you.
A: How does it fit?
B: It’s too large. Do
you have a smaller one?
A: Yes, here you are.
B: Thank you. I’ll have
it, please. 
A: OK, how would you like
to pay?
B: Do you take credit
cards?
A: Yes, we do. Visa,
Master Card and American Express. 
B: OK, here’s
my Visa.          
A: Thank you. Have a nice
day!
B: Thank you, good bye.
Vocabulary:
1.     
Help                  : membantu                 8. Looking for             : mencari
2.     
Sweater                        : jaket penghangat       9. Size                         :
ukuran
3.     
Large                : besar                          10. Nice                       :
bagus
4.     
Try                    : mencoba                    11. Changing room     :ruang ganti
5.     
Smaller             : lebih kecil                  12. Pay                        : membayar
6.     
Take                  : mengambil/memakai 13. Credit                    :
kredit
7.     
Card                 : kartu                          14. 
Visa                      : visa    
ALPABHET (Abjad)
| 
A 
A – a – (ei) | 
B 
B – b – (bi) | 
C 
C – c – (si) | 
D 
D – d – (di) | 
E 
E – e – (i:) | 
| 
F 
F – f – (ef) | 
G 
G – g – (ji) | 
H 
H – h – (eits) | 
I 
I – i – (ai) | 
J 
J – j – (jei) | 
| 
K 
K – k – (kei) | 
L 
L – l – (el) | 
M 
M – m – (em) | 
N 
N – n – (en) | 
O 
O – o – (ou) | 
| 
P 
P – p – (pi:) | 
Q 
Q – q – (kyu) | 
R 
R – r – (a:) | 
S 
S – s – (es) | 
T 
T – t – (ti:) | 
| 
U 
U – u – (yu:) | 
V 
V – v – (vi:) | 
W 
W – w – (dablyu) | 
X 
X – x – (eks) | 
Y 
Y – y – (wai) | 
| 
Z 
Z – z – (zi) | ||||
 
No comments:
Post a Comment